Posted on

Health Benefits of Archery Sports

Panahan sering dianggap sebagai olahraga statis, tetapi pemanah kompetitif atau pemanah benar-benar membutuhkan sejumlah besar kekuatan, daya tahan, dan fokus untuk tampil optimal. Jika Anda tidak terbiasa dengan olahraga ini, maka Anda mungkin akan terkejut mengetahui bahwa ada banyak manfaat kesehatan. Selain manfaat fisik, memanah juga dapat meningkatkan kesehatan mental Anda. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari lihat manfaat memanah di bawah ini.

Sepuluh manfaat melakukan memanah
Berikut adalah sepuluh manfaat melakukan memanah, yaitu:

Tingkatkan koordinasi tangan dan mata, dan keseimbangan.
Tingkatkan fleksibilitas tangan dan jari.
Bangun kekuatan tubuh.
Tingkatkan kesabaran.
Tingkatkan fokus.
Bangun kepercayaan diri.
Adalah olahraga sosial.
Merupakan bentuk latihan kebugaran.
Santai tubuh.
Adalah olahraga yang bisa dimainkan oleh semua orang.

Lima hal yang dibutuhkan dalam memanah
Berikut adalah hal-hal yang dibutuhkan oleh panahan, yang pada saat yang sama sangat bertanggung jawab untuk memberikan manfaat di atas, yaitu:

1. Kekuatan tubuh bagian atas
Menarik busur memberi tekanan pada kedua otot tangan, serta dada, bahu, dan otot punggung. Mirip dengan mengangkat beban, tekanan ini biasanya ditahan selama beberapa detik sebelum pemanah dilepaskan tali untuk melempar panah. Dengan pengulangan, tekanan menarik dan melepaskan busur dapat menyebabkan perkembangan otot di sebagian besar kelompok otot utama tubuh bagian atas. Tingkat perkembangan tergantung pada jumlah waktu yang Anda habiskan untuk berlatih dan bersaing.

2. Saldo
Saldo penting untuk keberhasilan dalam memanah, misalnya Anda harus dapat memegang tubuh untuk mengarahkan dan melepaskan busur. Pelatihan memanah dapat membantu Anda mendapatkan kendali atas keseimbangan Anda saat fokus membidik target Anda. Semakin banyak Anda berlatih, semakin banyak otot inti Anda terbiasa menyeimbangkan tubuh Anda dan menjaga Anda tetap stabil saat membidik dan melepaskan panah.

3. Koordinasi Koordinasi
tangan dan mata adalah keterampilan penting untuk memanah. Panahan dapat melatih tangan Anda untuk bekerja bersama sambil melakukan tugas yang berbeda, seperti membidik dan melepaskan panah sesuai pengamatan mata. Semakin banyak Anda berlatih, semakin baik koordinasi Anda. Peningkatan koordinasi ini akan menghasilkan tujuan yang lebih baik dan ini juga akan membantu Anda dalam olahraga lainnya.

4. Berjalan
Selama kompetisi, pemanah dapat berjalan sejauh 8 km dan bergerak dari sisi ke sisi saat melakukan tugas memanah. Meskipun banyak kegiatan berjalan dalam interval pendek, efek kumulatif berjalan sepanjang kompetisi dapat meningkatkan kesehatan jantung, otot, dan kekuatan kaki. Anda akan mendapatkan beberapa manfaat bahkan selama latihan, karena Anda akan menghabiskan banyak waktu berjalan untuk mengambil panah yang telah dilepaskan.

5. Fokus
Fokus adalah hal terpenting untuk mendapatkan kesuksesan sebagai pemanah. Selain itu, mengembangkan fokus juga dapat berdampak positif pada kesehatan mental dan kesejahteraan. Semakin Anda fokus pada target Anda, semakin mudah bagi Anda untuk menjernihkan pikiran, dan berhasil dalam pelatihan dan kompetisi. Fokus akan membantu Anda mengurangi masalah di luar memanah dan juga akan membantu Anda lebih fokus pada tugas. Belajar untuk tetap fokus dengan memanah tentu juga akan mengatasi penundaan dan gangguan.